Proses produksi pembuatan aset 3D untuk DLC pack game starwars battlefront 2
ABSTRAK
Starwars Battlefront 2 adalah sebuah video game yang dikembangkan oleh EA DICE bergenre aksi tembak - menembak sudut pandang orang ketiga (Third Person Shooter) yang didasarkan pada franchise film Starwars milik Lucas Film. Seiring dengan perkembangan dan ketatnya persaingan di bidang industri game, EA DICE selaku pengembang terus melakukan pembaruan/update pada game ini, salah satunya adalah dengan membuat DLC Pack (Downloadable Content), dimana pada pembuatannya EA DICE kali ini bekerjasama dengan Blur Studio guna membuat berbagai aspek/ konten visual yang dibutuhkan, salah satu contohnya adalah aset 3D. Diharapkan dengan adanya aset – aset baru tersebut nantinya dapat memikat dan menarik lebih banyak pemain terlebih para penggemar dari waralaba starwars.
Adapun Permasalahan yang dikaji adalah tentang bagaimana proses produksi pembuatan suatu bentuk desain aset 3D dengan tipe model hardsurface untuk keperluan DLC Pack dari game starwars battlefront 2. Metodologi penelitian yang digunakan antara lain, Wawancara melalui email dengan seorang art director/lead artist dari blur studio (Patrick Killik) selaku penanggung jawab atas projek ini, Dokumentasi dengan mengumpulkan beberapa concept art/gambar referensi bentuk desain aset, serta Studi Pustaka dengan mempelajari teori – teori yang berhubungan dengan objek penelitian. Dalam proses pembuatan aset 3D ini memiliki tiga tahapan produksi yaitu yang pertama adalah proses Pra Produksi dimana proses ini meliputi referensi, konsep sketsa/blueprint, teknik pembuatan, elemen & komponen, look development, serta jenis media, kedua adalah proses Produksi yang meliputi modeling, assembly dan look development aset, yang terakhir adalah proses Pasca Produksi yang meliputi rendering.
Dari hasil nilai persentase oleh 5 orang responden di 1 tim blur studio menanggapi baik terhadap produk aset yang dihasilkan, sehingga diperoleh hasil pengujian sebesar 92% kelayakan. Maka dari hasil tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa final product aset game 3D ini bukan hanya bagus secara visual desain namun juga benar secara tahapan produksi
Kata Kunci : EA DICE, Starwars Battlefront 2, DLC, Blur Studio, Concept art, Desain, Aset 3D, Hardsurface, Game, Modeling, Look Development, Rendering.
L007273 | 001.4 ARD p | Tugas Akhir T.I. | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Pengarsipan |
Penerbit
FTD ASIA :
Malang.,
2020
Deskripsi Fisik
xiv, 167 hlm: ill; 30cm
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain