PERPUSTAKAAN ASIA

Perancangan animasi 2D legenda banyu biru

No image available for this title
ABSTRAK

Jawa Timur memang tempat yang menarik untuk dikunjungi dan terutama terdapat banyak objek wisata menawan salah satunya berasal dari pemandian alam banyu biru, pemandian alam ini bertampat di desa Sumberejo kabupaten, dan masuk ke dalam wilayah pasuruan di Provinsi Jawa Timur. Sebelum disebut dengan nama Banyu Biru, awalnya objek wisata pemandian banyu biru ini dinamakan Telaga Wilis. Terdapt 4 kolam renang yang cukup besar di tempat ini, 2 kolam pertama adalah kolam dengan sumber mata air asli dari alam sedangkan 2 kolam terakhir merupkan kolam renang buatan.
Untuk memberikan pemahaman tentang legenda banyu biru sebagai media edukasi atau sebagai media pesan atau berita dengan menggunakan media animasi. Media animasi 2D dirancang menggunakan Flash untuk menciptakan konten visual yang menarik dan dapat disebar luaskan. Dalam penelitian ini digunakan metode pengumpulan data dengan membaca buku-buku referensi, situs internen tentang legenda banyu biru, dan yang paling utama saya tanya langsung ke ahli kunci banyu biru itu.
Dari hasil kuisoner dari 70 responden, menghasilkan 77.79% mengatakan bahwa Animasi 2D ini sudah sesuai, sekitar 18.96% mengatakan Cukup sesuai dan sisanya 3.25% mengatakan tidak sesuai. Dengan hasil data kuisoner yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Animasi 2D ini sudah berhasil dalam penyampaian cerita maupun pesan didalamnya. Meskipun masih terdapat poin yang dinilai kurang sepenuhnya berhasil, namun tentang isi cerita sudah diterima dengan baik dan anak-anak sudah merasa terbantu dengan adanya Animasi 2D ini.

Jawa Timur memang tempat yang menarik untuk dikunjungi dan terutama terdapat banyak objek wisata menawan salah satunya berasal dari pemandian alam banyu biru, pemandian alam ini bertampat di desa Sumberejo kabupaten, dan masuk ke dalam wilayah pasuruan di Provinsi Jawa Timur. Sebelum disebut dengan nama Banyu Biru, awalnya objek wisata pemandian banyu biru ini dinamakan Telaga Wilis. Terdapt 4 kolam renang yang cukup besar di tempat ini, 2 kolam pertama adalah kolam dengan sumber mata air asli dari alam sedangkan 2 kolam terakhir merupkan kolam renang buatan.
Untuk memberikan pemahaman tentang legenda banyu biru sebagai media edukasi atau sebagai media pesan atau berita dengan menggunakan media animasi. Media animasi 2D dirancang menggunakan Flash untuk menciptakan konten visual yang menarik dan dapat disebar luaskan. Dalam penelitian ini digunakan metode pengumpulan data dengan membaca buku-buku referensi, situs internen tentang legenda banyu biru, dan yang paling utama saya tanya langsung ke ahli kunci banyu biru itu.
Dari hasil kuisoner dari 70 responden, menghasilkan 77.79% mengatakan bahwa Animasi 2D ini sudah sesuai, sekitar 18.96% mengatakan Cukup sesuai dan sisanya 3.25% mengatakan tidak sesuai. Dengan hasil data kuisoner yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Animasi 2D ini sudah berhasil dalam penyampaian cerita maupun pesan didalamnya. Meskipun masih terdapat poin yang dinilai kurang sepenuhnya berhasil, namun tentang isi cerita sudah diterima dengan baik dan anak-anak sudah merasa terbantu dengan adanya Animasi 2D ini.
Kata kunci : Animasi, Animasi Legenda Banyu Biru, Cerita Rakyat,
Ketersediaan
L005223001.4 ARI pTugas Akhir D.G.Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - pengarsipan kt
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

001.4 ARI p

Penerbit

STMIK ASIA : Malang.,

Deskripsi Fisik

xiv, 38 hlm ; ill ; 30 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

001.4

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.