ABSTRAK
Kota Jember sebagai sebuah kota di ujung Jawa Timur yang memiliki banyak budaya, salah satunya budaya yang ada di desa Tutul kota Jember dimana sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai pengerajin dalam kehidupan sehari-hari dengan membuat kerajinan tangan seperti tongkat, kalung, gelang, tasbih, asbak, anting dll untuk dipasarkan. Tetapi, kurangnya media promosi di desa tersebut membuat pengusaha susah untuk memasarkan hasil kerijanan tangannya.
Dalam proses perancangan sebuah media promosi mempunyai beberapa tahap yang saling berhubungan dan tidak dapat ditiadakan dimana semua perlu adanya struktur konsep berupa pengumpulan data melalu pengamatan dan wawancara. Pembuatan storyboard dan Story line harus ada untuk penyampain informasi yang baik dan mudah dimengerti sehingga dapat menarik minat konsumen dan lebih dikenal oleh masyarakat khususnya diluar kota jember. Hasil perancangan di implementasikan dalam bentuk video promosi adapun pengujian dilakukan untuk mengetahui proses perancangan sudah berjalan dengan baik tanpa adanya kendala apapun dan sesuai dengan perancangan sebelumnya.
Hasil pengujian menggunakan media kuesioner dari media promosi menggunakan video banyak mendapat tanggapan yang positif karena video ini menginformasikan sesuatu kepada beberapa responden yang belum paham tentang kerajinan tangan berbahan kayu kota Jember dan video promosi ini juga mendapat komentar-komentar positif yang bersifat membangun.
Kata kunci: Video promosi, kerajinan tangan, kota Jember.
Ketersediaan
L000506
001.4 CAN p
Tugas Akhir D.G.
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Pengarsipan