PERPUSTAKAAN ASIA

Perancangan multimedia interaktif tentang kesenian jaranan turangga yaksa sebagai media pembelajaran di sdn 3 pringapus kabupaten trenggalek

No image available for this title
ABSTRAKSI
Nerin Sulistiani. 13211180
PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TENTANG KESENIAN
JARANAN TURANGGA YAKSA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI
SDN 3 PRINGAPUS KABUPATEN TRENGGALEK
Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
ASIA Malang, 2017

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kesenian Jaranan, Turangga Yaksa,
Multimedia Interaktif.
(xv+ 69+ Lampiran)
Pemahaman budaya daerah juga perlu dimiliki oleh setiap orang sejak dini. Pada SDN 3 Pringapus mempelajari kesenian jaranan Turangga Yaksa untuk mengenalkan kepada siswanya. Akan tetapi proses belajar yang hanya terpaku pada buku serta kurangnya faktor interaktif mengakibatkan murid jenuh dan bosan, sehingga menurunnya minat belajar pada siswa. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, upaya untuk meningkatkan minat belajar anak dapat dilakukan dengan berbagai media. Salah satunya adalah menggunakan media interaktif, sebagai media pengenalan kesenian jaranan selain itu akan mempermudah guru dalam proses mengajar. Oleh karena itu dirancang sebuah multimedia interaktif menggunakan software pengolah multimedia. Merancang sebuah multimedia interaktif perlu adanya pencarian data, bisa melalui observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Dalam sebuah proses perancangan yang akan dibuat terdapat pemikiran bagaimana membuat sebuah media interaktif pembelajaran yang menarik kembali minat siswa untuk belajar dan mampu memahami isi materi, yaitu dengan cara menggunakan konsep yang sesuai dengan karakter siswa sekolah dasar yaitu sederhana dan kekanakan. Karakter yang digunakan adalahkarakter anak lengkap dengan pakaian jaranan dengan muka yang ceria, warna yang dominan hijau, dan warna dasar serta teks yang sederhana supaya mudah dibaca untuk memahami materi yang disampaikan oleh siswa sekolah dasar. Setelah proses selesai maka selanjutnya pengujian efektivitas produk dengan cara penyebaran kuisioner. Hasil yang didapat dalam penelitian melalui penyebaran kuisioner yang telah dilakukan di SDN III Pringapus kecamatan Dongko kabupaten Trenggalek, dapat ditarik kesimpulan bahwa 93% media pembelajaran ini dikatakan efektif. Media pembelajaran ini juga mudah dan praktis dipelajari untuk siswa melalui komputer dan mempunyai manfaat untuk lebih mengenal kesenian jaranan Turangga Yaksa.
Daftar Pustaka (1992-2015)
Ketersediaan
L001524001.4 SUL pTugas Akhir D.G.Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Pengarsipan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

001.4 SUL p

Penerbit

STMIK ASIA : Malang.,

Deskripsi Fisik

xv, 69 hlm : ill ; 30 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

001.4

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.